Bali Larang Pemakaian Kantong Plastik, Styrofoam, dan Sedotan Plastik

oleh -106 views

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Pemerintah Provinsi Bali mengumumkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 97 Tahun 2018 tentang larangan penggunaan kantong plastik, styrofoam, dan sedotan plastik.

Langkah itu diambil untuk menekan penggunaan plastik sekali pakai (PSP).

“Pergun ini sudah disetujui Menteri Dalam Negeri pada 21 Desember 2018. Tapi baru saya umumkan hari ini karena memilik hari baik,” kata Gubernur Bali, I Wayan Koster, saat mengumumkan Pergub itu di Kantor Gubernur Bali, Renon, Denpasar, Senin 24 Desember 2018.

Koster berpendapat bahwa Pergub itu dapat menjaga ‘kesucian’ alam Bali, baik secara sekala (duniawi) maupun niskala (spiritual). Selain itu, banyaknya sampah plastik juga sudah banyak dikeluhkan para wisatawan yang diniali merusak keindahan alam Bali.

Dalam Pergub yang terdiri dari 12 Bab dan 26 Pasal itu diatur mengenai jenis dan pembatasan PSP, penggunaan produk PSP, Rencana Aksi Daerah, Peran Masyarakat, Pembinaan dan Pendanaan, serta Penghargaan dan Sanksi Administratif.

“Soal sanksi nanti akan dirumuskan detailnya oleh tim. Pasti ada tingkatannya, yang paling tinggi bisa pencabutan izin,” ucap Koster.

Pergub itu juga akan mewajibkan setiap produsen, distributor, pemasok dan pelaku usaha untuk memproduksi atau mendistribusikan subtitusi dari PSP. Terkait masa berlaku, Koster mengatakan sudah berlaku sejak diumumkan, namun ada masa tenggang untuk proses penyesuaian selama 6 bulan.

Koster mengatakan akan membentuk tim yang terdiri dari kalangan perangkat daerah, akademisi, Lembaga Swadaya Masyarakat, pengusaha, tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Tim itu akan melakukan edukasi, konsultasi, bantuan teknis, pelatihan, dan kegiatan lain untuk mengurangi penggunaan PSP.

Sumber: Kumparan

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *