Sri Wahyuni Sebut Shutdown Pemerintah Amerika Serikat Untungkan Indonesia

oleh -18 views

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Penutupan atau shutdown pemerintah Amerika Serikat (AS) dan kritik Presiden Donald Trump kepada Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) dinilai akan memberikan angin segar bagi Indonesia.

Sebab, dengan demikian The Fed tidak akan terburu-buru dalam menaikkan suku bunganya di sepanjang tahun ini.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, apa yang terjadi pada ekonomi Indonesia di 2018 lalu sedikit banyak dipengaruhi oleh kondisi global, salah satunya akibat kenaikan suku bunga yang dilakukan The Fed.

“Apa yang kita lihat di 2018 itu berpengaruh ke 2019. Karena kejadian goncangan itu, ada belokan. Fed mengatakan sekarang dengan kenaikan suku bunga cepat, dia dikritik oleh Trump dan shutdown, kemungkinan mereka akan melemah,” ujar dia di Jakarta, Selasa 22 Januari 2019.

Namun pada 2019, lanjut Sri Mulyani, dengan apa yang terjadi pada Amerika Serikat saat ini, diperkirakan The Fed akan lebih berhati-hati dalam menaikkan suku bunganya. Hal ini dinilai akan membawa dampak positif bagi Indonesia.

“Sehingga The Fed kemungkinan tidak akan menaikkan suku bunga secepat dulu. Mereka akan lebuh sabar menunggu. Itu bagus untuk kita, kita tidak akan menghadapi tekanan sebesar 2018,” kata dia.

Menurut Sri Mulyani, jika The Fed tidak menaikkan suku bunga sebanyak di 2018, maka arus modal yang ada di Indonesia akan lebih stabil, sehingga ekonomi dan Rupiah pun akan lebih terjaga.

“Capital flow mulai agak normal di akhir 2018. Kita berharap akan terjaga di 2019.” tambah dia.

Sumber: Liputan6

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *