Manchester City Dikalahkan di Kandang Newcastle United

oleh -37 views

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Tidak seperti enam pertemuan sebelumnya, Manchester City malah gagal meraih kemenangan dengan skor mencolok ketika menghadapi Newcastle United di Saint James’ Park, Rabu 30 Januari 2019 dini hari WIB. Malah, secara mengejutkan The Citizens takluk 1-2.

Gol cepat Sergio Aguero dibalas dengan gol Salomon Rondon dan Matt Richie pada babak kedua. Dengan hasil ini, ada kemungkinan City akan kian sulit bersaing dengan Liverpool yang berada di posisi puncak klasemen sementara Premier League.

Jika Liverpool menang atas Leicester City di Anfield, Kamis 31 January 2019 dini hari WIB, maka City akan tertinggal 9 poin di posisi kedua. Akankah hal tersebut terjadi?

Kejadian Menarik

Sebelum laga bermula, ada dua kejadian yang menarik. Pertama, adalah tindakan suporter Newcastle mengangkat selebaran dengan slogan “United Against Ashley”. Mike Ashley adalah pemilik klub Newcastle, dan sudah menjadi rahasia umum betapa pelitnya pebisnis asal Inggris itu dalam urusan manuver transfer.

Daya tarik lainnya adalah dilakukannya kegiatan mengheningkan cipta untuk Emiliano Sala sebagai wujud dukungan kepada Cardiff City dan keluarga Sala. Seperti yang dilakukan tim-tim Premier League lainnya yang tampil di laga pekan ke-24 Liga pada Rabu itu.

Setelahnya, susunan kesebelasan muncul di layar. Dari situ, diketahui bahwa manajer Pep Guardiola menurunkan pemain-pemain terbaik City pada laga ini dalam formasi 4-3-3. Ederson Moraes masih tampil sebagai kiper dan lini belakang dihuni Danilo, Aymeric Laporte, John Stones dan Kyle Walker.

Untuk pertama kalinya setelah sekian lama, David Silva dan Kevin de Bruyne kembali dipercaya mengisi pos ‘gelandang nomor 8’. Keduanya mendapatkan proteksi dari Fernandinho, yang tampil sebagai gelandang bertahan.

Leroy Sane dan Raheem Sterling, yang musim ini begitu moncer sebagai winger kini dan kanan, juga menghiasi susunan kesebelasan City. Untuk pos striker, Guardiola kembali memberikan kepercayaan kepada Sergio Aguero.

Dengan skuat ini, City memberikan kejutan. Sergio Aguero bahkan telah mencetak gol ketika laga baru berjalan 24 detik. Gol ini merupakan gol tercepat dalam sejarah Premier League.

Prosesnya bermula dari serangan cepat yang dilakukan City langsung setelah sepak mula dilakukan. Di kotak penalti, Silva membelokkan bola sepersekian detik ketika kiper Martin Dubvraka bergerak untuk menangkap bola.

Aksi ini membuat Dubravka mati langkah, sehingga Aguero dengan lancar melesakkan tembakan berujung gol. Namun, setelah gol ini, secara perlahan Newcastle bangkit dan memberikan perlawanan serius kepada tim yang dulu bermarkas di Maine Road itu.

Pada laga ini, Newcastle menurunkan skuat terbaiknnya dalam formasi 4-5-1, dengan Salomon Rondon menjadi striker tunggal. Ketika diserang, mereka mampu merapatkan jarak antarlini dengan disiplin. Dengan banyaknya bek dan gelandang, maka lini tengah City kesulitan menggulir bola ke depan.

Sehingga, City tidak mampu mencetak gol lagi hingga babak pertama tuntas meskipun telah melancarkan total 5 tembakan. Namun, taktik bertahan Newcastle ini membuat mereka harus sangat sabar ketika menyerang. Hingga babak pertama tuntas, tidak satupun tembakan mereka yang tepat sasaran.

Namun, peruntungan Newcastle berubah drastis pada babak kedua. Pada menit ke-66, Rondon berhasil mencetak gol usai menerima umpan dari Isaac Hayden. Kemudian, pada 10 menit babak kedua, Matt Richie dipersilahkan menjadi eksekutor penalti akibat Fernandinho menjegal Rondon di titik terlarang.

Tanpa kesulitan berarti Richie melakukan tugasnya. Setelah dwigol itu, City terus menggempur pertahanan Newcastle. Namun, karena gol penyama kedudukan tidak kunjung tiba, maka laga ini berakhir dengan kekalahan 1-2 untuk Manchester City.

Sumber: Kumparan

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *