Mahfud MD Dukung Nama Caleg Eks Koruptor Diumumkan di TPS

oleh -41 views

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, mendukung langkah KPU untuk mengumumkan nama calon anggota legislatif (caleg) mantan terpidana korupsi yang bertarung di Pemilu 2019.

“Saya sendiri setuju diumumkan sejelas-jelasnya ke masyarakat bahwa ada caleg mantan koruptor agar masyarakat tahu,” ujar Mahfud usai menghadiri peluncuran bedah buku di Universitas Paramadina, Jakarta, Jumat 1 Februari 2019.

Saat dirinya menjabat sebagai ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud membuat keputusan yang telah berstatus sebagai mantan napi korupsi harus menunggu lima tahun sebelum mencalonkan diri sebagai anggota calon legislatif.

“Dan dia harus menceritakan kepada masyarakat tentang jati dirinya melalui media massa. Karena dia dihukum ke kasus ini dan dia bertobat tidak boleh menyembunyikan identitas diri, itu waktu saya ketua MK,” jelas Mahfud.

Kendati beleid sekarang tak mewajibkan hal itu, Mahfud mendukung usulan penempelan poster di tiap TPS yang ada caleg mantan napi korupsi. Hal itu supaya pemilih tahu siapa calon yang pernah berurusan dengan rasuah.

“Boleh itu bagus agar nama-nama itu ditempelkan di TPS ini mantan koruptor silakan kalau mau pilih. Kalau enggak ya sudah bagus lah, agar jelas rakyat memilih wakilnya,” kata Ma’ruf.

Sumber: Merdeka.com

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *