Yusril Dorong Para Pihak yang Bersengketa Rekonsiliasi Usai Putusan MK

oleh -34 views

BeritaAkurat.com – Ketua Tim Kuasa Hukum Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin mendorong adanya rekonsiliasi pasca putusan sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Apapun putusan MK harus diterima oleh para pihak dengan jiwa besar. Begitu juga sikap para pendukungnya. Putusan MK final dan mengikat, tidak ada upaya hukum lagi. Setiap sesuatu harus ada akhirnya. Putusan MK adalah upaya terakhir menyelesaikan perselisihan,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Rabu 26 Juni 2019.

Setelah Putusan MK besok, kata dia, para pihak yang bersengketa termasuk pendukung masing-masing wajib melakukan rekonsiliasi. Sebagai bangsa yang besar, menurutnya kita wajib melihat ke depan dan melupakan konflik internal untuk sebuah tujuan yang lebih besar yaitu kemajuan bangsa dan negara.

“Negara ini milik kita semua para warga bangsa. Jangan kita saling menyimpan dendam dan permusuhan. Perbedaan kepentingan selamanya akan ada. Kita harus mampu mengelola perbedaan itu secara elegan agar bermuara pada maslahat dan kebaikan, bukan kerusakan apalagi kehancuran,” jelasnya.

MK sebagai lembaga kekuasaan kehakiman yang merdeka dan bebas dari pengaruh siapapun harus dijaga kemerdekaan MK agar tidak ada pihak manapun juga yang berusaha untuk memengaruhi, apalagi sampai menekan MK agar mengikuti kemauannya.

Yusril mengimbau warga bangsa untuk mengedepankan kejernihan berpikir, meningkatkan daya kritis dan bersikap saling menghargai. Jauhkan diri dari sikap emosional berlebihan, mudah menerima sesuatu tanpa bertanya dan melihat orang yang berbeda sebagai musuh yang harus dilawan.

“Kita adalah bangsa yang besar dan majemuk. Bangsa kita memiliki budaya yang luhur dan saling menghargai antar sesama. Jaga kesatuan dan persatuan antar sesama kita. Lihat bangsa-bangsa lain yang dilanda konflik dan perang saudara. Semua menjadi pelajaran bagi kita semua,” tandasnya.

Sumber: Sindonews

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *