‘Jakarta Blackout’, Listrik Padam di Ibu Kota Disorot Media Asing

oleh -14 views

BeritaAkurat.com – Area Jabodetabek, serta sebagian Banten dan Jawa Barat mengalami kondisi listrik padam sejak Minggu, 4 Agustus 2019 siang, menyebabkan aktivitas warga terganggu.

Sementara itu, PLN menyampaikan permohonan maaf resmi atas insiden listrik padam akibat Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami gangguan (trip), sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati (Off).

Tidak hanya menggegerkan masyarakat Indonesia, kabar tentang listrik padam yang memengaruhi belasan juta penduduk Jabodetabek itu juga disorot oleh berbagai media asing.

Channel News Asia menurunkan berita dengan judul yang diterjemahkan “Ibu Kota Indonesia, Jakarta, Provinsi Tetangga di Jawa Dilanda Pemadaman Listrik Besar-Besaran.

Outlet media Singapura itu mengutip pernyataan PLN yang menyebut listrik padam akibat gangguan sistem yang belum diketahui, dimana menyebabkan gagalnya transfer daya dari wilayah timur ke barat Jakarta.

Sementara media Negeri Jiran, New Straits Times, menyoroti dampak listrik padam pada operasional MRT dengan judul “Jakarta Hit by Major Power Outrage, MRT Evacuated.”

Di dalamnya, disebutkan bahwa petugas terkait mengevakuasi para penumpang yang melintas di jalur atas, dan sedikit membutuhkan waktu untuk yang berada di terowongan bawah tanah.

Jadi Sorotan Hingga Israel

Salah satu outlet media papan atas Australia, The Sydney Morning Herald menyoroti dampak listrik padam terhadap puluhan juta penduduk Jabodetabek.

Outlet media yang berbasis di Kota Sydney itu menyebut listrik padam memengaruhi sekitar 30 juta orang yang bermukim di Jakarta dan kota-kota penyangga di sekitarnya.

Yahoo News juga memberitakan kabar yang kurang lebih serupa dalam beberapa kali tayang, yang masing-masing menyinggung kondisi di awal listrik padam, dampak pada operasional transportasi publik, hingga pernyataan PLN tentang upaya mengatasinya.

Tidak hanya menjadi sorotan di Asia Pasifik, kabar tentang Jakarta yang kehilangan daya listrik juga diangkat oleh outlet media asal Israel, The Jerusalem Post.

Outlet media sayap kiri tersebut bahkan memasukkan kabar tentang listrik padam itu sebagai media terkini, atau breaking news. Hampir sebagian besar isinya menyinggung tentang dampak listrik padam terhadap aktivitas penduduk Jakarta, mulai dari lalu lintas yang amburadul, jingga berhentinya operasional KRL dan MRT.

Sumber: Liputan6

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *