Perjuangan Kru Hercules TNI AU Tembus Langit China Angkut Alkes COVID-19

oleh -7 views

BeritaAkurat.com – Disambut hujan deras, pesawat Hercules A-1333 yang dipiloti Komandan Skadron Udara 32 Letkol Pnb Suryo mendarat di Bandara Pudong, Shanghai, Minggu 21 Maret 2020 dini hari.

Ada 20 kru di dalamnya. Mereka tengah mengemban misi kemanusiaan mengangkut alat kesehatan (Alkes) yang telah dipesan pemerintah Republik Indonesia dari China untuk memerangi pandemi Corona.

Begitu mendarat, tanpa membuang waktu para personel TNI AU langsung bekerja keras mengangkut 12 ton alkes itu ke dalam perut Hercules. Tak ada waktu istirahat mengingat alat-alat kesehatan tersebut sangat dibutuhkan.

Para personel tersebut tampak mengenakan masker, sarung tangan dan baju pelindung yang diharapkan bisa melindungi mereka dari Covid-19.

“Tim bekerja keras hingga dini hari agar logistik alat kesehatan bisa segera tiba di tanah air,” tulis Dinas Penerangan TNI AU dalam video di akun Instagramnya, Minggu 22 Maret 2020.

Mengangkut alkes dan terbang ke China di tengah pandemi virus Covid-19 tentu sangat berisiko, namun semua itu harus dilakukan sebagai bentuk pengabdian pada Tanah Air.

“Tiada kata menyerah bagi Prajurit TNI yang berjiwa Sapta Marga untuk Indonesia yang sehat dan sejahtera,” kata TNI AU.

Saat ini pesawat Hercules akan kembali ke tanah air dengan mendarat terlebih dahulu di Natuna. Diperkirakan Senin 23 Maret 2020 pagi, mereka akan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Dari Skadron Udara 32 Malang

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah memerintahkan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna untuk memberangkatkan pesawat angkut berat C130 Hercules ke Shanghai, China. Hal ini untuk mengangkut logistik kesehatan yang telah dibeli oleh Pemerintah RI melalui Kemhan RI.

Sesuai surat permohonan Menhan RI Prabowo Subiyanto, TNI AU telah memberangkatkan satu unit pesawat C130 Hercules dari Skadron Udara 32 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Sabtu 21 Maret 2020 kemarin.

Pesawat dengan nomor registrasi A-1333 yang dipiloti Komandan Skadron Udara 32 Letkol Pnb Suryo, lepas landas dari Lanud Abdulrachman Saleh pukul 06.55 WIB menuju Lanud RSA di Ranai Natuna.

Setelah isi bahan bakar, tepat pukul 11.40 WIB take off dari Ranai melanjutkan penerbangan menuju China.

Rute penerbangan adalah : Malang-Natuna-Hainan-Shanghai.

Sebanyak 20 kru pesawat dan pendukung beserta 2 personel dari Kemhan RI turut serta dalam misi ini.

A-1333 melakukan dua kali transit (short stop) di Lanud Raden Sadjad Natuna dan Bandara Sanya di Hainan untuk melakukan pengisian bahan bakar (refuel) sebelum mendarat di tujuan utama yaitu Bandara Pudong di Shanghai.

Sumber: Merdeka.com

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *