5 Negara Ini Memiliki Anggaran Militer Terkecil di Dunia

oleh -367 views

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Angkatan bersenjata merupakan salah satu komponen terpenting banyak negara di dunia, bahkan beberapa negara mengalokasikan anggaran yang cukup besar untuk militernya.

 

 

Namun, beberapa negara, dengan berbagai alasan, tidak menyisihkan banyak anggaran bagi angkatan bersenjatanya.

Lima negara di bawah ini memiliki anggaran militer yang paling kecil bahkan jauh di bawah anggaran pertahanan Indonesia.

 

1. Islandia

Sebagai sebuah negara netral, Islandia hanya memiliki 210 personel militer aktif dan 170 personel cadangan.

Jumlah ini pun membuat Islandia menjadi negara dengan angkatan bersenjata terkecil di dunia dilihat dari sumber daya manusianya.

Militer Islandia tidak pernah terlibat dalam operasi militer aktif. Namun, pasukan Unit Respon Krisis (CRU) yang dikelola Kemenlu kerap terlibat dalam operasi penjaga perdamaian di seluruh dunia.

Meskipun netral, Islandia setiap tahun menjadi tuan rumah latihan militer NATO dengan sandi “Northern Viking” yang diikuti negara-negara NATO seperti Amerika Serikat, Kanada, Denmark, dan Norwegia.

Lalu, berapa anggaran militer Islandia? Setiap tahun pemerintah Islandia hanya menyisihkan 0,1% dari anggarannya untuk militer sekitar US$ 9,9 juta atau Rp 132 miliar.

 

2. Mauritius

Negara kepulauan di Samudera Hindia ini juga tidak memiliki angkatan bersenjata yang semestinya. Di negara ini, Komisioner Kepolisian memimpin pasukan polisi, tentara dan aparat keamanan lainnya.

Hanya pasukan khusus SMFU dan pasukan penjaga pantai yang menjalankan peran sebagai unit paramiliter di negeri itu.

Meskipun demikian, unit-unit semi militer itu pun kebanyakan beranggotakan polisi yang dirotasi secara reguler.

Sebagai negara kecil pasukan penjaga pantai, Mauritius bekerja sama dengan Angkatan Laut India untuk menjaga keamanan wilayahnya.

Negara ini juga tidak banyak mengeluarkan uang untuk militernya, yaitu hanya US$ 14 juta atau Rp 186 miliar saja.

 

3. Moldova

Meskipun berstatus bekas negara bagian Uni Soviet, Moldova tidak memiliki angkatan bersenjata yang besar.

Dengan 6.000 personel aktif, angkatan bersenjata Moldova pada saat ini dipasok dari Rusia, Ukraina, dan Amerika Serikat. Moldova juga tidak memiliki angkatan laut karena posisi negeri itu yang memang tidak memiliki wilayah perairan.

Meskipun demikian, Moldova memiliki angkatan udara yang cukup besar dengan 1.000 personel aktif.

Militer Moldova pada saat ini tidak pernah terlibat dengan operasi tempur kecuali operasi penjaga perdamaian dan penanggulangan bencana.

Militernya yang kecil membuat negeri sempalan Uni Soviet ini hanya merogoh kocek sebesar US$ 21,8 juta atau sekitar Rp 290 miliar.

 

4. Ghana

Angkatan bersenjata Ghana dibentuk pada tahun 1957 dan terdiri atas angkatan darat, udara, dan laut.

Peralatan militer Ghana pada saat ini banyak diperoleh dari Iran, China, dan Rusia. Semuanya adalah rival Amerika Serikat.

Militer Ghana juga nyaris tidak pernah terlibat operasi tempur, namun personel militer Ghana banyak terlibat dalam operasi penjaga perdamaian PBB di seluruh dunia.

Untuk memelihara angkatan bersenjatanya, pemerintah Ghana menganggarkan dana sebesar US$ 109 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun.

 

5. Guatemala

Anggaran militer Guatemala relatif paling besar di antara negara-negara dalam daftar ini, tetapi sangat kecil jika dibandingkan seluruh pengeluaran rutin negara.

Pemerintah Guatemala mengeluarkan dana sebesar US$ 211 juta atau Rp 2,8 triliun untuk militernya. Anggaran itu hanya mencapai 0,4% dari GDP negeri Amerika Tengah tersebut.

Perjanjian damai dengan pemberontak pada tahun 1966 membuat militer Guatemala kini fokus menghadapi ancaman dari luar negeri.

Namun, masuknya para pelaku kriminal dan anggota kartel obat bius Meksiko ke negeri itu membuat tentara harus mendukung kepolisian untuk menjaga keamanan dalam negeri.

Kaibiles, pasukan khusus Angkatan Darat Guatemala, dikenal dengan kemampuan mereka melakukan operasi tempur di hutan belantara dan operasi kontra-pemberontakan.

 

Sumber: Kompas.com

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *