Ahok Pilih Tetap Tolak Bebas Bersyarat

oleh -251 views

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebenarnya sudah bisa keluar dari penjara dengan status bebas bersyarat.

Tapi, kesempatan itu Ahok memilih menolak kesempatan itu dan tetap ingin bebas murni.

 

 

Menanggapi kesempatan yang sangat terbuka itu, kakak angkat Ahok, Andi Nana Riwayati, memastikan keputusan Ahok tidak akan berubah. Ahok menolak kesempatan itu.

“Tetap enggak diambil,” kata Nana saat dihubungi, Senin 30 Juli 2018.

Nana tahu betul, saat ini Ahok sudah memenuhi syarat untuk mengajukan bebas bersyarat. Tapi, dia memastikan Ahok dan pihak keluarga sudah sepakat untuk menjalani seluruh masa hukuman dan bebas murni.

“Alasannya sama seperti yang saya katakan kemarin dan itu enggak diambil,” katanya.

Di sisi lain, Ahok melalui tim medianya mengunggah beberapa postingan di akun Instagram pribadi Ahok. Unggahan itu berisi akan ada kejutan dari Ahok pada Agustus nanti.

Hal ini juga tidak mau ditanggapi oleh Nana. Dia juga tidak mau menjawab soal bocoran kejutan yang akan disampaikan, termasuk spekulasi yang menyebut kejutan itu berkaitan dengan sikap politik.

“Udah enggak terkejut dong nanti kalau aku kasih bocoran,” ucap dia.

Sebelumnya, Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham Sri Puguh Budi Utami mengatakan, Ahok sudah bisa mengajukan bebas bersyarat pada Agustus ini. Tapi, sampai saat ini dia belum menerima surat pengajuan bebas bersyarat itu.

“Kami sampai sekarang belum terima usulannya. Kalau sudah ada usulan (dari Lapas Cipinang 1) kita proses,” kata Sri di Lapas Cipinang.

Ketentuan pembebasan bersyarat yang telah dipenuhi Ahok yakni telah menjalani sekurang-kurangnya dua pertiga masa pidana. Ketentuan tersebut mengacu pada Pasal 14 ayat (1) huruf k Undang-undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan (UU Pemasyarakatan).

Diketahui sejak divonis dan dijebloskan ke penjara pada 9 Mei 2017, masa pidana Ahok sebenarnya telah melewati 13 bulan lebih.

Sumber: Kumparan

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *