Bank Dunia Membantah Pernyataan Amien Rais Soal Tanah: Itu Tidak Benar

oleh -355 views

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Country Director Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste, Rodrigo A Chaves, menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah menerbitkan laporan mengenai pertanahan yang ada di Indonesia, termasuk porsi kepemilikan tanah.

 

 

Hal tersebut menanggapi ucapan Hanafi Rais yang menyebutkan bahwa ayahnya, Amien Rais, mengutip laporan Bank Dunia di tahun 2015, saat mengatakan sebesar 74% tanah di Indonesia hanya dimiliki segelintir orang.

“Bank Dunia tidak pernah menerbitkan laporan itu (soal pertanahan). Saya katakan bahwa itu tidak benar,” tegas Rodrigo saat ditemui di The Energy Building, Kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Selasa 27 Maret 2018.

Dia mengaku telah mengetahui hal tersebut dari pemberitaan di media. Rodrigo pun menyayangkan Bank Dunia disebut dalam persoalan itu, terlebih dia menilai bahwa isu yang dihembuskan Amien Rais merupakan isu politik.

“Saya tahu dari pemberitaan. Saya tidak mengerti mengapa membuat isu politik seperti itu,” ucap Rodrigo.

Dia pun menyampaikan, program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di mana menargetkan dapat membagikan 7,5 juta sertifikat tanah di 2018 merupakan program ambisius Presiden Joko Widodo. Rodrigo pun mengapresiasi program itu.

“Itu sangat bagus untuk menormalisasikan kepemilikan tanah. Tetapi ingat, 74% tanah sebagian besar masih dikelola pemerintah,” jelas Rodrigo.

Sumber: Kumparan

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *