Detik-Detik Kim Jong Un Melintasi Garis Perbatasan, Disambut Riuh 2.000 Jurnalis

oleh -306 views

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Sekitar 2.000 orang jurnalis memadati Kintex Conference Center di kota Ilsan, Korea Selatan, yang menjadi pusat aktivitas media selama berlangsungnya KTT Korea Utara-Korea Selatan.

 

 

Ribuan jurnalis tersebut berasal dari berbagai kantor berita di seluruh dunia, yang telah bersiaga sejak Kamis sore, 26 April 2018.

Dikutip dari CNN pada Jumat 27 April 2018, suasana ketika hening menanti detik-detik Kim Jong-un melintasi garis perbatasan, untuk pertama kalinya, menuju wilayah negara serumpun di selatan.

Saat langkah kaki Pemimpin Korea Utara tersebut benar-benar melintasi garis perbatasan, pusat aktivitas media pun seketika dipenuhi sorak-sorai dan riuhan tepuk tangan.

Suasana antusias tersebut terus berlanjut hingga kamera video menyorot jabat tangan antara Kim Jong Un dan Presiden Moon Jae In, yang sekaligus menandakan dimulai KTT Korea Utara-Korea Selatan.

Di saat bersamaan, ratusan warga berkumpul di Stasiun Kereta Api Seoul untuk menyaksikan siaran langsung pertemuan yang bersejarah itu.

Banyak di antara mereka bergegas memotret detik-detik siaran langsung ketika Kim Jong Un melintasi perbatasan, dan berjabat tangan dengan Presiden Moon Jae in.

Salah seorang warga, Ji Kwang Jin mengatakan kepada CNN bahwa ia merasa senang menyaksikan reaksi positif KTT Korea Utara-Korea Selatan.

“Saya sengaja datang ke sini (Stasiun KA Seoul) untuk menyaksikan momen bersejarah ini dengan warga lainnya,” ujar Ji seraya tersenyum.

 

Senyum Semringah Kim Jong Un

Peristiwa bersejarah tersebut dibuka dengan jabat tangan Kim Jong Un dan Presiden Moon Jae In. Laporan yang disiarkan langsung oleh berbagai saluran TV, termasuk CNN, Jumat 27 April 2018, menunjukkan bahwa senyum senantiasa menghiasi wajah Kim Jong Un.

Setelahnya berjabat tangan, mereka saling mempersilahkan untuk menginjakkan kaki di wilayah masing-masing negara. Diawali dengan Kim Jong Un yang melangkah lebih dulu ke Selatan, setelahnya disusul Moon Jaen In yang menginjakkan kaki di Korea Utara.

Selanjutnya, Kim Jong Un sempat menyalami satu per satu pejabat Korea Selatan yang turut serta dalam pertemuan bersejarah tersebut.

Dan berikutnya, giliran Moon Jae In yang menjabat tangan satu per satu delegasi Korea Utara. Salah satu pejabat Korea Utara yang tampak adalah adik perempuan Kim Jong Un, Kim Yo Jong.

Al-Jazeera pun memuat laporan bahwa Kim Jong Un dan Presiden Moon Jae In terlibat percakapan ringan, dan keduanya senantiasa menebar senyum saat berjalan menuju lokasi KTT Korea Utara-Korea Selatan di Peace House, yang berjarak 130 meter dari Zona Demiliterisasi.

 

Sumber: Liputan6

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

 

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *