Dikabarkan Meninggal, Kim Jong Un Muncul Resmikan Pabrik Pupuk

oleh -70 views
dikabarkan meninggal-kim jong un muncul resmikan pabrik pupuk-berita akurat terpercaya-berita terkini

BeritaAkurat.com – Kantor berita Korean Central News Agency (KCNA) mengabarkan bahwa pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un, dan beberapa pejabat senior Korut termasuk adiknya, Kim Yo Jong, tengah menghadiri sebuah peresmian pabrik di wilayah utara Pyongyang.

Dikutip dari BBC, kemunculan Kim Jong Un itu setelah terakhir dia tampak pada 12 April lalu dan di spekulasikan telah meninggal dunia karena kesehatannya.

Meski begitu, laporan terakhir dari media Korut ini masih belum bisa dikonfirmasi secara independen.

Media itu juga merilis beberapa foto yang menunjukkan Kim sedang memotong pita di luar pabrik.

Foto itu dirilis dari Harian Rodong Sinmun yang menunjukkan Kim menghadiri upacara peresmian pabrik pupuk, pada Jum’at 1 Mei 2020 didampingi adiknya, Kim Yo Jong.

Sebelumnya, Kim dikabarkan mengalami sakit kritis akibat menjalani operasi kardiovaskular. Dia mulai dirumorkan kritis sejak absen dari acara hari lahir mendiang Kakek-nya, Kim Il Sung, yang selama ini tidak pernah dia tinggalkan.

Klaim tentang gangguan kesehatan Kim kemudian dilaporkan oleh sebuah situs web pembelot di Korea Utara.

Dikatakan dari laporan itu, sebuah sumber anonim mengatakan kepada media Daily NK bahwa mereka mengerti kondisi Kim yang berjuang dari masalah kardiovaskular sejak Agustus lalu. Kondisinya dikatakan memburuk setelah Kim mengunjungi Mount Paektu.

Berita ini yang kemudian menjadikan media internasional lainnya turut memberitakan kabar sakitnya Kim Jong Un.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo juga turut membangun rumor pada 29 April, dengan mengatakan bahwa para pejabat AS “belum melihat” pemimpin tertinggi Korea Utara itu baru-baru ini.

Namun, pernyataan dari Pemerintah Korea Selatan, dan sumber-sumber di intelijen China mengatakan kepada Reuters bahwa kabar spekulasi itu tidaklah benar.

Apakah Kim pernah “hilang” sebelumnya? Ya, Kim pernah tidak muncul di publik selama 40 hari pada September 2014 setelah menghadiri sebuah konser.

Dia muncul kembali pada pertengahan Oktober menggunakan tongkat. Media Pemerintah Korut tidak pernah menjelaskan dimana dia berada.

Namun, badan intelijen Korea Selatan mengatakan, Kim mungkin menjalani operasi di pergelangan kaki kirinya yang terkena kista.

Sumber: KabarMedan

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *