Fakta-Fakta Terpilihnya Riza Patria sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta

oleh -64 views
fakta fakta terpilihnya riza patria sebagai wakil gubernur dki jakarta-berita akurat-berita akurat terpercaya

BeritaAkurat.com – Setelah sekian lama, kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta akhirnya kembali terisi. Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta menggantikan Sandiaga Uno.

Riza terpilih berdasarkan voting yang dilakukan oleh DPRD DKI Jakarta, pada Senin 6 April 2020. Dia terpilih sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta dan akan bekerja di sisa masa jabatan tahun 2017-2022.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun mengucapkan selamat atas terpilihnya Riza Patria. Dia berharap, bisa bekerja dengan Riza di sisa masa jabatannya hingga 2 tahun ke depan.

“Pemilihan penghitungan suara sudah selesai dan terpilih Bapak Riza Patria. Saya mengucapkan selamat dan insyaallah kita bisa kerja sama dengan baik,” kata Anies di Gedung DPRD usai paripurna, Jakarta Pusat, Senin 6 April 2020.

“Saya berharap proses berikutnya bisa tuntas supaya terus mulai bekerja,” ujar dia.

Ucapan selamat tidak cuma datang dari Anies Baswedan. Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Riza Patria.

Sandiaga berharap Riza mampu membantu Anies terutama saat menangani pandemi virus corona di DKI Jakarta.

“Semoga dengan kehadirannya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan sigap dan terus menggulirkan terobosan-terobosan baru serta membantu kerja Pak Gubernur Anies Baswedan, khususnya dalam menghadapi pandemi Coronavirus (COVID-19),” kata Sandiaga, Senin 6 April 2020.

Riza tercatat menang dari pesaingnya, Nurmansjah Lubis dari PKS, dengan perolehan 81 suara dari total 100 orang anggota yang memilih. Sementara Nurmansjah hanya mendapat 17 suara. Sedangkan 2 suara dinyatakan tidak sah.

Meskipun kalah dalam mendapatkan kursi wagub DKI, PKS mengaku ikhlas. Wakil Ketua DPRD dari Fraksi PKS, Ahmad Suhaimi, mengatakan apa yang terjadi memang sudah takdirnya.

“Ya kalau ini kemudian prosesnya begini ya kalau bahasa agamanya ya sudah takdirnya,” kata Suhaimi di gedung DPRD DKI, Jakarta, Senin 6 April 2020.

“Kalau ditingkat sekarang ini kita terima,” tambahnya.

Jalan Panjang Kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta

PKS dan Gerindra tercatat menjadi dua partai pengusung Anies Baswedan di Pilgub DKI. Dua partai itu punya kesempatan yakni menyerahkan jatah wagub ke PKS.

Sebab, jatah cawapres diberikan ke Sandiaga Uno alias untuk Gerindra. Ketum Gerindra Prabowo Subianto pun setuju. Namun, dalam perjalanannya kesepakatan itu tidak terjadi.

Dua cawagub PKS, yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto saat itu gugur di tengah jalan. Proses politik membuat pencalonan keduanya tak lagi dilanjutkan.

rapat paripurna dprd dki jakarta untuk pemilihan wakil gubernur dki jakarta-berita akurat-berita akurat terpercaya

Setelah pelantikan anggota DPRD DKI yang baru, Gerindra dan PKS sepakat mengajukan masing-masing satu nama. Gerindra mengajukan Riza Patria, sedangkan PKS mengajukan Nurmansjah Lubis.

Lewat proses cukup panjang, pemilihan wagub DKI akhirnya digelar Senin 6 April 2020. Voting pun dilakukan. Dari 106 anggota DPRD DKI, yang hadir 100 orang.

Dalam voting tersebut, Riza mendapat 81 suara, Nurmansjah dapat 17 suara, sedangkan ada 2 suara tidak sah.

Sumber: Kumparan

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *