Kecewa Pada Media, Korea Utara Mundur dari Proyek Kerja Sama Dengan Korea Selatan

oleh -374 views

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Korea Utara membatalkan salah satu proyek kerja sama dengan Korea Selatan yang sedianya akan dilakukan untuk menyambut perhelatan Olimpiade Musim Dingin bulan depan.

 

 

Hal tersebut diungkapkan oleh Kementerian Unifikasi Seoul melalui pernyataan resmi.

Dalam pernyataan itu, disebutkan bahwa pada Senin malam, Korea Utara mengirim pesan yang berisi pihaknya tidak akan ikut serta dalam acara budaya di North Diamond Mountain yang akan digelar pada 4 Februari mendatang untuk menandai dimulainya Olimpiade Musim Dingin.

“Kami tidak memiliki pilihan lain kecuali membatalkan proyek itu karena media Korea Selatan telah mencela dan mempertanyakan ‘ketulusan’ kami dalam keikutsertaan di olimpiade,” demikian pernyataan Kementerian Unifikasi Seoul mengutip pesan dari Korea Utara, dikutip dari laman Time, Senin 30 Januari 2018.

Selain itu, Korea Utara juga menuding media Korea Selatan sengaja memancing keributan dengan mengungkit festival domestik yang diselenggarakan di negara beribu kota Pyeongyang tersebut.

Korea Selatan sangat menyesalkan pembatalan yang diputuskan Korea Utara tersebut. Terlebih, Korea Utara juga enggan menyebutkan laporan media mana yang menjadi sumber masalah.

Namun, beberapa media Korea Selatan memang mengeluarkan berita yang berisi kritikan terhadap Korea Utara yang berencana mengadakan acara besar untuk memperingati 70 tahun berdirinya militer hanya selang sehari sebelum upacara pembukaan olimpiade.

Sejumlah pejabat Korea Selatan pun membenarkan rencana pawai militer besar-besaran tersebut.

Sampai saat ini, belum jelas apakah perkembangan terakhir itu akan mempengaruhi kerja sama Korea Utara-Korea Selatan di proyek lain pada olimpiade mendatang. Kedua negara diketahui sepakat untuk berparade di bawah satu bendera dan membentuk tim gabungan hoki putri dalam olimpiade ini.

Korea Utara memang memiliki sejarah pembatalan terhadap proyek-proyek di menit-menit terakhir tanpa alasan jelas.

 

Sumber: Merdeka.com

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *