Modus Baru Perampokan Nasabah Bank, Pura-pura Antre

oleh -239 views

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Polda Jatim mengungkap kejahatan pencurian dengan pemberatan (curat) yang dilakukan oleh sekelompok orang menyasar para nasabah bank.

 

 

Pjs Kasubdit Jatanras Polda Jatim, AKBP Leonard Sinambela menjelaskan bahwa para perampok ini menyasar nasabah bank yang mengambil uang dengan jumlah besar.

 

1. Ikut ke dalam antrean


Berdasarkan pengakuan salah satu pelaku, Hermawan (45) ia bertugas sebagai pengamat nasabah bank yang mengambil uang dalam jumlah besar. Untuk melancarkan aksinya, ia bahkan ikut mengantre dalam barisan nasabah. Leo menjelaskan bahwa modus seperti ini yang sering digunakan. “Nanti dia tunggu siapa yang paling lama dan diintip yang ngambil uang banyak, itu yang ditandai,” imbuh Leo saat gelar perkara di Mapolda Jatim, Rabu 29 Agustus 2018.

 

2. Menunggu mobil berhenti

Setelah mendapatkan mangsa, Hermawan kemudian menghubungi rekannya yang bertugas sebagai eksekutor, Munir dan Andik. Nantinya, dua orang eksekutor akan membuntuti mangsa tersebut menggunakan motor hingga berhenti di suatu tempat. “Entah itu berhenti di lampu merah atau berhenti untuk makan. Seperti kasus yang di Pasuruan, itu berhenti untuk makan di sebuah restoran,” jelas Leo.

Apabila kendaraan tidak juga berhenti, kedua orang eksekutor ini akan menyebarkan paku payung di jalanan sehingga kendaraan terpaksa berhenti. “Itu (paku payung) dipakai kalau orangnya gak mau berhenti,” terang Hermawan.

 

3. Perampokan dengan pecah kaca mobil

Selanjutnya, ketika kendaraan telah berhenti, Munir dan Andik akan melakukan pemecahan kaca mobil menggunakan obeng dan merampas uang korban. “Jumlahnya tidak pernah sedikit. Kalau jutaan saja gak mau mereka. Paling tidak puluhan sampai ratusan juta,” terang Leo.

 

4. Jangan segan minta kawalan kepolisian

Untuk itu, Leo berpesan kepada seluruh masyarakat untuk meminta kawalan kepolisian apabila akan mengambil uang dalam jumlah besar dari bank.

“Jangan segan untuk minta pengawalan kepolisian terdekat. Daripada terjadi hal yang tidak diinginkan seperti ini. Perkara seperti ini cukup banyak,” pesan Leo.

 

Sumber: IDN Times

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *