Rusia Bantu Amerika Serikat Lawan COVID-19, Peralatan Medis Tiba di New York

oleh -19 views

BeritaAkurat.com – Rusia mengirimkan peralatan medis ke Amerika Serikat untuk membantu mengatasi serangan virus corona. Pesawat militer Rusia yang membawa peralatan medis tiba di Amerika Serikat pada Rabu 1 April 2020 waktu setempat.

Seperti dikutip dari AFP, foto dan video yang diposting di akun Twitter misi Rusia untuk PBB memperlihatkan Antonov-124 telah mendarat di Bandara JFK, New York.

Kementerian pertahanan Rusia sebelumnya mengungkapkan bahwa pesawat yang mengangkut masker bedah dan peralatan medis lainnya telah berangkat menuju Amerika Serikat.

Hubungan Rusia dan Amerika Serikat beberapa waktu belakangan ini sedikit retak akibat sanksi terhadap Moskow atas tindakan di Ukraina. Hubungan Rusia dan Amerika Serikat sempat berada di titik rendah pascaperang dingin. Kedua negara juga bersaing dalam pengembangan senjata

Misi Rusia untuk PBB mengatakan bahwa Kremlin melunak di tengah pandemi Covid-19.

Bantuan medis itu diserahkan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Pada Senin kemarin kedua pemimpin negara itu membahas kerja sama dalam memerangi Covid-19.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa Putin mengharapkan Amerika Serikat melakukan hal yang sama bila Rusia menghadapi krisis. Rusia berharap Amerika Serikat mau berbagi pasokan medis jika suatu saat diperlukan.

“Hari ini, ketika semua orang di dunia menghadapi situasi ini, tidak ada cara lain selain bertindak bersama dalam semangat kebersamaan dan saling membantu,” kata Peskov.

Trump juga telah berbicara soal bantuan Rusia tersebut.

“Rusia mengirimi kami banyak sekali peralatan medis, itu sangat bagus.”

Amerika Serikat menjadi negara dengan kasus Covid-19 terbanyak di dunia. Data terbaru menunjukkan bahwa virus corona telah menginfeksi 214.482 orang di Amerika Serikat. Dari jumlah itu, sebanyak 8.878 pasien dinyatakan sembuh dan 5.093 meninggal.

Selain ke Amerika Serikat, Rusia juga membantu Italia dalam menangani corona. Rusia mengirimkan ratusan pakar virus dan petugas medis ke Italia.

Moskow mengatakan bantuan untuk Italia terdiri dari sekitar 100 spesialis virus dengan pengalaman menangani Ebola dan flu babi. Namun media Italia melaporkan bantuan itu tidak terlalu berguna dalam memerangi virus corona.

Pada Maret lalu Rusia menyatakan mengirim hampir 1.000 alat tes virus corona ke sejumlah negara termasuk Iran dan Korea Utara.

Hingga kini Rusia sendiri memiliki 2.777 kasus virus corona, 24 kematian, dan 190 pasien dinyatakan sembuh.

Sumber: CNN Indonesia

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *