Undian Liga Champions: Kemungkinan Liverpool dan Inter Milan di Grup Sulit

oleh -243 views

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Total 32 klub telah terdaftar sebagai kontestan fase grup Liga Champions edisi 2018/2019.

 

 

Seperti sebelum-sebelumnya, para partisipan dibagi empat pot berdasarkan kiprah tim di masing-masing liga di musim sebelumnya dan koefisien negara asalnya. Drawing baru akan dilaksanakan pada Kamis 30 Agustus 2018 pukul 23.00 WIB.

Pot pertama dihuni sang juara bertahan Real Madrid, disusul dua wakil Spanyol lainnya: Barcelona dan Atletico Madrid. Klub yang disebut belakangan menjadi unggulan karena sukses menyabet titel juara Liga Europa termutakhir.

Sementara, sisanya diisi raksasa ‘Benua Biru’ lain macam Bayern Muenchen, Manchester City, Juventus, Paris Saint-Germain. Juara Liga Primer Rusia musim lalu, Lokomotiv Moskva, juga tergabug ke dalam pot pertama karena koefisien Rusia menempati peringkat keenam, di bawah Spanyol, Jerman, Inggris, Italia, dan Prancis.

Untuk pot kedua, kebanyakan diisi oleh tim-tim runner-up dan penghuni peringkat ketiga di liga top Eropa. Sebut saja Manchester United, Tottenham Hotspur, Napoli, dan AS Roma. Hanya Borussia Dortmund klub yang finis di luar tiga besar yang tergabung dalam pot ini.

Portugal dan Ukraina juga menjadi pengecualian, mengingat koefisien mereka berada di peringkat tujuh dan delapan. Portugal masih beruntung karena Porto yang meraja di liga domestik musim lalu masih ditemani Benfica. Sebaliknya, hanya Shakhtar Donetsk yang jadi utusan Ukraina.

Menariknya, Liverpool yang notabene merupakan runner-up Liga Champions periode terakhir justru tercatat sebagai anggota pot ketiga. The Reds tergabung bersama Schalke yang merupakan tim peringkat kedua Bundesliga musim lalu, Valencia, CSKA Moskva, serta duo Prancis, AS Monaco dan Olympique Lyon.

Tidak ketinggalan pula, di pot ini ada juara dan runner-up Eredivisie, PSV Eindhoven serta Ajax Amsterdam. Klub yang disebut belakangan sukses melakukan comeback setelah empat tahun absen dari gelaran Liga Champions.

Dengan konstelasi demikian, artinya besar kemungkinan Liverpool akan tergabung dalam grup neraka, bersama klub-klub kuat dari pot pertama dan kedua. Di antara delapan klub di pot utama, kecuali City, hanya Lokomotiv lawan yang relatif mudah. Sisanya berpotensi untuk merepotkan laju pasukan Juergen Klopp. Nomine dari pot kedua juga tidak kalah ‘sadis’, khususnya Dortmund, Napoli, dan Roma.

Liverpool tidak sendirian, sebab Inter Milan juga kemungkinan akan tergabung dalam grup sulit. Peraih treble di musim 2009/10 itu berada di posisi yang lebih sulit karena terdaftar di pot keempat. Dengan kata lain, Inter akan berjuang melawan personel dari masing-masing pot pertama, kedua, dan ketiga untuk meraih satu tiket lolos ke babak 16 besar. Bahkan, tidak menutup kemungkinan juga Liverpool dan Inter Milan akan saling berhadapan di fase grup.

Selain Inter, pot keempat diisi oleh raja di liganya masing-masing, Viktoria Plzen (Republik Ceko), Club Brugge (Belgia), Galatasaray (Turki), Young Boys (Swiss), Red Star Belgrade (Serbia), dan AEK Athens (Yunani). Sedangkan, satu slot tersisa dihuni peringkat ketiga Bundesliga edisi 2017/18, Hoffenheim.

 

Sumber: Kumparan

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *